Post Details

research
  • 10 Sep 2020

Semarakkan HAORNAS, PP Darul Arqom Adakan Olahraga dan Bersih Pantai

Purworejo – Dalam rangka turut menyemarakkan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-37, Pondok Pesantren Darul Arqom (PP Darul Arqom) SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo rangkaian olahraga dan peduli lingkungan di Komplek Pantai Ketawang Grabag Purworejo pada Rabu (9/9/20). Dengan mengangkat tema “Sehat Jasmani, Peduli Lingkungan” santri diajak peduli kesehatan jasmani, lingkungan yang dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan protocol kesehatan.

Disampaikan Erlinda Windiastranti selaku kepala sekolah mewakili manajemen menyampaikan bahwasanya agenda ini sebagai momentum menekankan akan pentingnya kesehatan jasmani dan peduli serta menghargai pada lingkungan sekitar.

“Kegiatan hari ini dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional. Anak-anak santri PP Darul Arqom SMP Muhammadiyah Jono Bayan kami bawa ke Pantai Ketawang Grabag untuk menikmati udara pagi di sinar matahari pagi dan mereka juga bias berolahraga dalam bentuk permainan tradisional. Di samping itu, mereka juga ada kegiatan bersih pantai,”ungkap Erlinda.

Rangkaian kegiatan diisi dengan berbagai macam agenda yang dibuka dengan jalan santai di komplek Pantai Ketawang dilanjutkan Bersih Pantai dengan santri memunguti sampah anorganik seperti platik bungkus makanan dan berbagai macam bungkus lainnya. Kemudian, diisi dengan makan sarapan pagi bersama seluruh guru karyawan dan santri. Selanjutnya, permainan tradisional Go Back Sodor, Tarik Tambang dan lainnya.

“Saya harap dari kegiatan ini anak-anak bias lebih sehat lebih menghargai alam kemudian juga muncul rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Sehingga mereka bias lebih bersemangat dalam belajar karena banyak variasi yang kami sajikan dalam peringatan HAORNAS pada pagi hari ini. Jadi anak-anak dimulai dari jam 6 hingga jam 10.30 dan sudah melakukan banyak kegiatan di Pantai Ketawang ini,”pungkasnya.

Agenda semacam ini merupakan salah satu program yang disiapkan lembaga guna meningkatkan kompetensi dan wawasan santri baik dalam bidang akademik maupun non akademik dengan waktu pelaksanaan mengisi akhir pekan dan momentum tertentu. Pekan depan direncanakan akan diadakan Kunjungan dan studi serta pelatihan tentang Pertanian-Peternakan Organik di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Tani Makmur Pringgowijayan Kutoarjo dengan materi khusus tentang Sistem Ember Tumpuk untuk hasilkan pupuk organic cair – padat dan Minahortigan yakni pembudidayaan ikan dan sayuran secara organik.